SELAMAT DATANG 歡迎

Assalamualaikum ... Welcome to my blog ... Do not forget to give any comments. Always Good Morning

Friday, 13 June 2014

Seleksi Kemlu (Kementerian Luar Negeri) posisi PKKRT



 Sesuai janji saya dalam hati ketika keterima kerja di tempat yang ku minati, saya akan menulis kisah dan perjalanan panjang selama perjuangan, penantian dan masa masa transisi. Saya mau share pengalaman saya masuk kemlu untuk jalur non diplomatic,karena jurusan saya akuntansi maka saya dapat masuk ke kemlu untuk supporting sebagai PKKRT (Penata Keuangan dan Kerumahtanggaan). Jarang juga sih yang share bagaimana caranya masuk sini sebagai PKKRT, kebanyakan sebagai diplomat saja.    Sebenarnya sudah sangat lama tidak menulis lagi, sejak laptop saya rusak kemudian hilang dicuri, baru sekarang bisa beli yang baru dan Alhamdulillah.. Sembari menunggu kelas mulai, pengen menulis lagi bagaimana perjalanan panjang masuk kemlu dan seklumit pengalaman setelah masuk kemlu karena jarang sekali yang memberikan informasi terkait bagaimana di kemlu. Kemlu punya seleksi yang cukup panjang dan membuat kita menunggu  lama, serta banyak peminatnya ternyata saudara-saudara termasuk saya sendiri.  Awalnya sih daftar PNS nya cuma 2, kemlu sama kemenkeu seperti tahun lalu,cuma kalau kemlu tahun lalu gak jadi kirim berkas karena merasa kapasitas diri masih belum mumpuni. Baru tahun ini mencoba. Kalau kemenkeu dua tahun berturut turut belum beruntung karena kecerobohan diri sendiri. Pertama gak bawa ijazah buat ambil kartu tanda peserta ujian, yang kedua karena telat datang tes kompetensi dasar. Benar-benar setelah yang ke dua kapok untuk mencoba lagi. By the way, kira-kira begini cerita masuk kemlu 2013 posisi PKKRT aya,karena selama ini jarang sekali yang cerita bagaimana masuk ke sini untuk posisi non-diplomat.

1. Seleksi Awal Administrasi
Seleksi ini terbilang cukup ribet karena kemlu mensyaratkan mengirim berkas yang banyak dan seabreg. Sebut saja SKCK, kartu kuning, surat keterangan dokter, foto background putih, fotokopi legalisiran ijazah dan transkrip nilai, surat pernyataan bermaterai, CV yang diunduh,dsb dan  itu semua membutuhkan kejelian dan kecermatan sehingga tidak ada satu dokumen yang kurang atau persyaratan yang kurang sesuai dengan kriteria. Setelah mengirim pos, beberapa hari kemudian status aplikasi di web untuk berkas administrasi ganti dari BELUM ADA menjadi SUDAH DITERIMA. Beberapa minggu kemudian, muncul pengumuman seleksi administrasi dari BELUM ADA menjadi LULUS dan dijadwalkan untuk melaksanakan TKD (Tes Kompetensi Dasar) di Jakarta, Gedung Caraka Loka, Pusdiklat Kemlu.

   2. TKD 2 Oktober
Tes ini diselenggarakan di gedung Caraka Loka dengan sistem komputer.  Di sinilah aku pertama kali ketemu Jopong, alias Japarudin dari Purworejo. Logat  Jawanya itu loh kentel dan khas banget pas dia ngomong. Memori yang tidak pernah terlupakan. Duduk di sebelah dia, ngajak ngobrol, orang pertama yang kukenal dan alhamdulillah sekarang kita sekelas di diklat PKKRT ini. Pas masuk pintu gerbang dan ke meja registrasi, ibu petugasnya benar-benar ramah. Senyum dan ditanya asal kota serta diajak mengobrol sebentar. Btw soal tesnya banyak dan macam-macam, yah standar PNS. Mulai dari PPKn, Tata Negara, Sejarah, UUD 1945, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris sama Tes kepribadian. Dibagi menjadi tiga kategori, TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) mungkin sekitar 40% passing gradenya, Tes Pengetahuan Umum (TPU) 50% an passing gradenya dan Tes Kepribadian 60% an passing gradenya. Jumlah skor total tidak boleh kurang dari sekitar 300 an. Oh ya, setelah submit hasil tes, skornya langsung muncul di layar terus diumumkan secara agregat di layar. Saat-saat menjelang pengumuman kelulusan selalu dag dig dug karena selalu mundur dari jadwal yang semestinya. Setiap mau menampilkan pengumuman, sistem selalu menyiapkan prosesnya lama banget dan ada tulisan merah di bagian log in “Sistem sedang menyiapkan pengumuman,silakan kembali beberapa saat lagi.”Setelah  beberapa minggu, pengumuman, log in dan alhamdulillah LULUS.

   3. TKB 26 Oktober
TKB ini waktu itu diselenggarakan di Kemayoran, yang buat PRJ (Pekan Raya Jakarta)  sih.. Hm,, lumayan juga yang ikut masih beribu ribu.. untuk PKKRT sendiri masih seribuan dari total 4250 yang mendaftar.. Aulanya lumayan panas dan waktu itu juga lupa membawa papan untuk menulis, dan lupa membawa pensil. Nah,sebelahku ada mas mas yang tes juga,pinjam pensil sama dia. Tapi,karena keluarnya terakhiran,pas keluar,mas yang meminjami pensil sudah pulang, Yahh, menyesal, tidak bisa mengembalikan pensilnya.. Btw, soalnya TKB ini ada 100 soal, 90 pilihan ganda dan 2 esay. Soal pilihan ganda isinya tentang keuangan dan akuntansi pemerintahan. Jangan lupa baca UU keuangan dan akuntansi pemerintahan terutama perwakilan dan kemlu, SPAP, banyak yang keluar.. Soal esay itu lucu, satu rekonsiliasi bank,satu tentang motivasi masuk kemlu. Soal esay yang ini dalam bahasa Inggris, jawabnya juga pakai bahasa Inggris. Tipsnya juga jangan sekali kali mengosongi lembar jawaban, usahakan semua soal terjawab. Jadwal pengumuman TKB ini cuma seminggu saja. 

4. Bahasa Inggris 10 November
Karena pilihan bahasa saat mengisi formulir online adalah Inggris, maka tes bahasanya juga Inggris. Tes bahasa Inggris nya memakai TOEFL dengan skor minimal 550. Toefl dilaksanakan di LIA BPKP, daerah Pramuka, Jakarta Timur. Toefl ini lumayan mudah mudah susah, tipsnya banyak berlatih soal dan nonton film film Hollywood deh. Hehe. 

5. Tes Final (Psikotes , Wawancara Psikologi, Wawancara Kompetensi Bidang 16,17,18 November, Medcheck 28 November)
Nah ini serangkaian tes yang paling panjang dan melelahkan. Psikotes dimulai dari pukul 08.00 sampai 17.00. Tesnya waktu itu yang mengadakan dari TNI AD. Standar tes psikologi sih, mulai dari matematika, bahasa, bangun ruang, pauli,tes warteg, gambar pohon,orang, dan ratusan pertanyaan psikologi. Tapi tenang,kemlu baik hati. Kita dikasih makan sekotak nasi kotak. Nasi padang waktu itu,hehe..Hari ke dua adalah wawancara psikologi, head to head. Diwawancarainya pun seputar  diri kita. Tapi gak tau kenapa waktu itu saya nervous banget, pun yang mewawancarai kelihatan nervous juga,(lho?). Sekitar 15-20 menit, in Bahasa Indonesia.Hari ke tiga yang paling bikin nervous. Diwawancarai 3 orang pejabat kemlu secara langsung, dengan BAHASA INGGRIS . Materi seputar internasional dan keuangan. Misal waktu itu saya dikasih pertanyaan seputar ASEAN, budgeting pemerintah, proses manajemen, korupsi, laporan keuangan, APBN dll.Tapi justru di sinilah paling asyik dan paling lancar menjawab pertanyaan. Muncul sebersit harapan bahwa saya dinyatakan sudah diterima, hanya tinggal menunggu hasil medcheck saja. *melayang-layang di angkasa,wkwkkw   

 Medcheck dilaksanakan di RSPAD Gatot Subroto, di daerah deket Pasar Senen. Kita dianjurkan berpuasa dan hanya meminum air putih saja. Tesnya standar. Tes Urin,, darah, EKG, jantung, penyakit dalam, tinggi badan, berat badan, tensi darah dan terakhir MMPI, tes kejiwaan. Tes ini paling lama pengumumannya. 31 Desember 2013, pukul 20.00. Karena kata orang kemlu, sistemnya eror dan pengumumannya pas tahun baru. Waktu itu sedang makan mie ayam rame-rame.. Ok sekian dulu share dari saya,sedang diklat di kelas,hehe,takut ketahuan, semoga bermanfaat tulisan saya..   


No comments:

Post a Comment