SELAMAT DATANG 歡迎

Assalamualaikum ... Welcome to my blog ... Do not forget to give any comments. Always Good Morning

Friday, 2 March 2012

SEBELAS TAHUN KEMUDIAN, MENGAPA HARUS 11?

Tak pernah ku menyangka. Sebelas tahun aku mencarinya. Aku berpikir, mengapa harus sebelas tahun aku baru bisa menemukannya lagi? Sekarang baru aku tersadar, kuliah di Sebelas Maret, itu artinya angka 11 menjadi clue bagiku dari Allah, baru kusadari sekarang.
Sejak hari terakhir itu, terhitung malam hari aku pulang, masih terus terkenang kisahku di GADA itu 3 hari, tiada lekas kunjung memudar apalagi aku pulang dengan tanda tanya sangat besar, akankah aku masih bisa lagi menemukan teman-temanku yang sudah berpisah setelah hanya bersua selama 3 hari, terutama dia? sedangkan alamat tidak tahu, nomor telepon tidak punya. Aku hanya tau dan mengingat nama lengkapnya saja waktu dia cerita di kapal. Sedianya aku mengeluarkan barang-barang yang ada di tas, lalu mataku tertuju pada kerang yang terbawa.. Aku kaget karena ada 2 bungkus kerang yang di tasku. Aku menanyakan pada ibuku, ini kerang siapa, Bu? Ibuku menjawab, "ga tau, lah, ada di meja, tak pikir punyamu". Aku menjawab," bukan, bukan kerangku, ini kerang temanku.".. wah, aku merasa bersalah padanya. Saat itu, ada dua perasaan yang mengganjal, perasaan bersalah dan tanda tanya yang besar mengenai apakah suatu saat nanti dia masih ingat atau setidaknya dia masih ingat jika dia pernah mempunyai teman aku? seberapa besar arti persahabatan tiga hari itu untuknya? Benar-benar membuatku sesak menunggu waktu itu..
Masih beres2 barang bawaan, aku mengeluarkan pemberian bupati, berupa sertifikat, gantungan seperti orang indian dan pemberian host, antara lain kaos. Co card waktu itu yang berwarna merah.. buku yang dari semen cibinong (sekarang holcim), selebaran biru tentang pertamina (covernya ada gambar kilang saat sunset, benar2 kelihatan cantik) dan lainnya dari tas hijau itu (yang kupakai ke Jawa Timur waktu kelas 4 SD)...

Pagi harinya hari Jumat, waktunya olahraga pagi, aku biasanya langsung berangkat dari rumah mengayuh sepeda dengan pakaian olahraga, namun membawa baju pramuka.. kelas 6 SD.. 18 Agustus 2000.. Teman-teman, guruku, menyambutku dengan spesial, aku ditanya inilah itulah seputar pengalamanku.. Selesai olahraga itu, setelah ganti baju, aku disuruh maju ke depan kelas oleh guruku untuk bercerita tentang pengalamanku. Teman-teman kelasku riuh lagi, tepuk tangan.. Aku maju, guruku menanyakan perihal satu persatu pertanyaan. Sekitar setengah jam aku dikompre (istilah untuk ujian akhir teori akuntansi, wkwk).
Begini salah beberapa pertanyaannya
Guru: "Gimana kesannya, menyenangkan tidak?
Aku: "Menyenangkan, Pak".
Guru: "di sana nginep di mana? pergi-pergi ke mana aja?"
 Aku: " di asrama pusdiklat. Jalan-jalan ke Nusakambangan, pendopo, upacara di GOR, Pertamina, Semen Cibinong bla. bla.. bla..."
Begitulah acara kompre hari itu..Aku juga membawa kerang milikku untuk dibagikan ke teman-teman SD ku. Mereka menyukai kerang-kerang yang kubawa, hampir habis diborong.. Tapi it's okay. Punya Udhik masih kusimpan di rantang bersama pasir-pasirnya yang masih menempel..
Begitulah hari-hari yang berlalu kulewati penuh dengan tanda tanya. Saat aku ke perpustakaan, aku melihat-lihat peta Cilacap, membaca dan mencari letak lokasinya. Cipari, Pegadingan, ah ini di sini.. di areal Pegadingan mana dia berasal? Dia SD 2 atau SD 7? Saat itulah aku lupa dia SD 2 atau SD 7...
Setiap kali bertemu dengan orang yang mirip dengannya, aku teringat dan teringat. Termasuk saat pertama kali nonton Petualangan Sherina, kaset VCD yang pinjam dari Ninik Agustin, aku teringat dia, karena menurutku dia mirip sedikit sama pemeran Sadam, Derby Romero itu.. Apalagi temanya tentang persahabatan, lagu-lagu di dalamnya termasuk lagu theme song Petualangan Sherina, seolah lagu itu jadi anthem untuknya......
Saat aku lulus dari SD dan melanjutkan ke SMP, aku masih berharap dan berharap, mencari dan mencari. Setiap kali teringat, jadi sesak rasanya..
3 tahun berlalu, tahun 2004 saat aku lulus dari SMP, aku melanjutkan di SMA 1 Cilacap. Muncul sedikit harapan bahwa dia akan sekolah di sana juga. Membaca pengumuman penerimaan siswa di setiap kelas dari X-A sampai X-I tidak ada tercantum namanya. Hanya ada beberapa nama dari teman-teman yang lain, misal Adhitia Rina Damayanti, Wahyu Giri, Bety Nurhajat Jalanita, Rizma Haidif Firinda, Risqi Asih dan beberapa teman lainnya. Namun, di SMA itulah aku mulai mengenal internet (karena baru bisa komputer kelas X dan aku juga berharap bisa menemukan namanya dengan tanya mbah google) dan bisa melihat foto GADA punya Wahyu Giri karena fotoku memang sudah usang, tintanya sudah luntur ke mana-mana, sudah sangat tidak jelas gambarnya. Lagi dan lagi, 3 tahun itu pun belum juga membuahkan hasil..

Saat aku lulus SMA 2007, serasa peluangku untuk menemukannya semakin tipis. Betapa tidak? Kuliah kan biasanya jauh-jauh. Atau ada kemungkinan ke dua, dia tidak kuliah. Tapi keyakinanku dia kuliah karena dia pintar dan orang tuanya care dengan pendidikan. Aku masuk UNS Surakarta, dia masuk mana dan di mana?
Selama kuliah itu, setiap kali mencoba mencari di google, selalu nihil. Aku membatin, "ni anak gak pernah meninggalkan jejak apapun, padahal wabah friendster sudah ada dari jaman bahola". Di data daftar siswa pun tidak ada..terus dia menghilang ke mana? menghilang ditelan bumi? Hampir 4 tahun berselang, sekitar 2010, dan sebelumnya juga, aku sudah memutuskan untuk pasrah dan pasrah..Jika tidak bertemu dengannya di dunia ini, jadikan aku bisa bertemu dengannya kelak di sana..

Hari-hari berlalu hingga sore hari itu, April 2011, aku chatting di FB dengan Radite Arie Handayani. Karena teringat dengan Udhik lagi, maka aku pun menceritakan ke dia.Sebelum itu, aku sudah googling namanya berkali-kali, Udik Pandu Tunggal Rahargo, lalu Udik diganti jadi Udhik, masih belum ada hasil lagi sampai bosan. Chatting demi chatting dengan Dite hingga maghrib, aku lalu sholat maghrib di masjid Baitussalam, dekat kost lamaku Tsaqofi. Tsaqofi yang sangat kurindukan. 4,5 tahun aku tinggal di sana, layaknya rumahku, rumah yang ke dua. Aku sholat maghrib dengan tanda tanya dan sedikit kelegaan karena telah melakukan curcol,wkwkwk. Sarung kuambil, aku wudhu dan berjalan ke masjid.
Shalat telah ditunaikan, dilanjutkan sholat rowatib 2 rakaat. Aku segera pulang, bergegas ke depan komputer. Mencari namanya di google sekali lagi. Bismillah. Muncul result " Udhik Pandu Endhitz, Facebok bla bla bla..". Sekonyong-konyong langsung tak klik, tak liat fotonya, kok agak beda? iya bukan ya?  tak liat profilnya Lahir 12 Agustus 1989. Wah benar aku  masih ingat, dia lahir gak jauh-jauh dari tanggal lahirku, karena waktu itu dia yang menjadi kakanya, aku yang adiknya. Pas  tak liat kotanya "Cilacap", aku membatin, "positif, pasti itu dia, yang kucari". Lantas aku meng-add. Aku juga mengirimkan message begini, "Udhik Pandu Tunggal Rahargo, masih ingatkah dengan aku, Tri Hariyana Risdiyanto?"

Masih menungu di depan komputer, tiba-tiba angka satu muncul dari bawah, artinya ada yang chatting. Dia menulis, "hey". Kubaca namanya, wow, Udhik...........................................
Beginilah chat pertama kita sore itu... (karena komputerku waktunya ngaco, jadinya di situ tertulis jam 3 sore, padahal kita chattingan habis maghrib)

Dia memulai percakapan dulu
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 14:54
Hey
Report · 14:55
Hey
piye?
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 14:56
aduh ak lupa,,,
he..
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 14:56
Ya, gapapa. momen GADA bercahaya masih ingat?
Kalau memang gak berkesan, hm,,, gapapa, memang sudah 11 tahun yang lalu
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 14:57
upz
iya baru inget
sorry
skrg d solo??
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 14:58
Saya hampir tidak percaya, 11 tahun aku mencarimu.. huhu.. iya, di Solo
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 14:58
hebat ingatanmu
he..
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 14:58
ingatan yang mana?
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 14:58
lbur pulang g?
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 14:59
gak pulang,, masih banyak agenda di Solo..
waktu itu kamu yag mneyebutkan nama lengkapmu waktu di kapal? kamu juga menyuruhku menyebutkan nama lengkapku?? (send as a message)
Your chat message wasn't sent because Udhik is offline.
waktu itu kamu yag mneyebutkan nama lengkapmu waktu di kapal? kamu juga menyuruhku menyebutkan nama lengkapku?? (send as a message)
Your chat message wasn't sent because Udhik is offline.
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:01
eum..dah sem akhir skrg?
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:01
iya, semester akhir..waktu itu kamu yang menyebutkan nama lengkapmu waktu di kapal? kamu juga menyuruhku menyebutkan nama lengkapku??
oya, aku minta maaf untuk masalah kerang yang terbawa.. ibuku yang bawa kerangmu di tasku. aku gag tau Udhik...
pas sampai rumah, ada kerang 2 bungkus. aku tau itu punyamu
kamu waktu itu nyari kerangmu kan sore2?
kayakya lagi sibuk ya Udhik?
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:06
eh mv td ru da tamu bentar
emm...kmu msh inget itu semua
iya waktu itu,,tp g pa ko
dlu emg c lg seneng2nya dapet kerang
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:08
kerangnya masih ada di rumah Dhik
tapi g tau sudah dibuang apa ga
saya selalu simpan
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:08
wah yg bener??
masih disimpen??
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:09
iya, menunggu suatu saat ketemu lagi dengamu, tapi wallahu alam, kayaknya sudah dibuang sejak aku masuk kuliah
karena sejak itu aku ngekost
iya, menunggu suatu saat ketemu lagi dengamu, tapi wallahu alam, kayaknya sudah dibuang sejak aku masuk kuliah
karena sejak itu aku ngekost
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:11
iya tri makasih dah mau nyimpen
kamu ambil jurusan apa d UNS?
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:11
akuntansi... aku kira kamu dulu mau masuk SMA I Cilacap lho..
kamu ambil apa?
tapi maaf ya, kerangmu tidak bisa ku selamatkan,, (send as a message)
Your chat message wasn't sent because Udhik is offline.
akuntansi... aku kira kamu dulu mau masuk SMA I Cilacap lho..
kamu ambil apa?
tapi maaf ya, kerangmu tidak bisa ku selamatkan,,
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:14
it's ok sobat
g aku d SMA 1 Sidareja
skrang kul d bandung
STT Tekstil
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:15
setiap kali google namamu gak pernah muncul, huhu. mbokya nulis blog atau sejenisnya...biar gampang di search. huhuu
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:15
iya neh ak g hobby nulis
he..
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:15
Hu um, udah kubaca profilmu, sambil menunggu approvemu
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:15
itu juga fb baru
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:15
iya, aku tahu..
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:16
fb yg dulu namanya bukan itu jadi weehh
g ada namaku
eh minta no hpnya tri??
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:16
minta maaf sama bapakmu, bagaimana kabar beliau? sehatkah?? 085725380921
Allah menjawab doaku 11 tahun Dhik
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:20
alhmdh sehat tri
ibu kamu gmn kabar??
alhmdlh kita dipertemukan kmbali
mdh2n nanti suatu saat kita bisa berjumpa tri
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:22
sudah sampai smsmu.. Tau gak, kamu itu cengeng, GADA bercahaya kok nangis2? hahaha
Udhik Udhik,,,
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:24
hahhaha masih inget aja kamu
p skrg dah g ko
he..
iya ak emg dlu pas kecil cengeng
sampe2 di temenin ma bpak
jadi malu(he..)
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:24
iya kan sekarang udah dewasa.. kita selisih 10 hari ya? jadi dulu kamu yang selalu ngalah..
bisa jadi kakak yang baik
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:29
hu'um malu ma umur lho masih cengeng,,he
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:32
tapi kamu tidak pernah berubah... (send as a message)
Your chat message wasn't sent because Udhik is offline.
cuma jadi tambah berumur (send as a message)
Your chat message wasn't sent because Udhik is offline.
knp on off mulu?? hm
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187725_100002139438501_7293566_q.jpg
Report · 15:34
ah kakak yg cengeng
he..
d sni jaringannya g bagus tri
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/187061_1811619851_20510_q.jpg
Report · 15:35
pas di pendopo, pas malam mau pulang tuh,aku panggil namamu keras2 tapi kamu ga denger.. sampai akhirnya aku pulang ke rumah membawa sejuta tanda tanya..

Untuk yang versi sms, akan ada di postingan selanjutnya.
 Itulah hasil dari penantian selama 11 tahun. Allah sudah merencanakan ini untukku,membuatku menunggu 11 tahun. Tapi memang kebahagiaan yang benar-benar bermakna. Pun akhirnya aku menemukan jawaban dari segala pertanyaanku selama 11 tahun mengendap, entah apa lagi yang harus kuutarakan atau kuselatankan, tidak bisa berkata-kata, hanya rasa syukur yang ada.

1 comment:

  1. adinda tri hariyana,
    tolong sampaikan ke bety nurhayat jalanita yach;

    BAHWA AKU AKAN SELALU CINTA DAN ADA SERTA MENGIKUTINYA DIMANAPUN DIA BERADA......WALAUPUN AIR LAUT SUDAH TIDAK BISA BERBUIH, DAN OMBAK YANG SELALU PASANG

    SHE'S ONCE IN A LIFE TIME

    ReplyDelete